Kamis, 09 Agustus 2012

tanaman cengkeh

TANAMAN CENGKEH

Desa Adinuso merupakan desa dengan penghasil cengkeh. Cengkeh panen setiap 5 tahun sekali. Kualitas cengkeh di daerah tersebut sangat bagus. Kadar air yang terkandung dalam cengkeh sedikit. Dilihat dari perbandingan antara cengkeh basah dan cengkeg keringnya. 3 kilogram cengkeh kering dapat menjadi cengkeh kering dengan berat 1 kilogram.
Cengkih atau cengkeh bukan tanaman baru di bumi Nusantara, sejak abd ke 16 sudah menjadi salah satu komoditas rempah-rempah yang dipersaingkan oleh bangsa bangsa Eropa dan Cina. Pada era jauh sebelumnya, juga sudah menjadi komoditas berarti di peradaban Mesir dan India. Portugis dan Spanyol dan kemudian Belanda, saling berebut mencari ‘bumi rempah-rempah’ yang ternyata ada di Nusantara : Maluku, Minahasa dan sebagian Jawa.
Tahun 2012 ini musim cengkeh kembali terulang, sudah hampir 3 tahun berturut-turut tanaman cengkeh berbuah , walau di tahun ini produksi cengkeh mengalami penurunan, di mungkinkan akibat seringnya berbuah.
”Pada musim cengkeh kali ini, walaupun jumlah produksi cengkeh menurun tetapi petani cengkeh masih bisa panen walaupun sedikit, jadi artinya tanaman cengkeh yang ada masih berbuah tetapi tidak lebat seperti tahun-tahun belakang, namun harga cengkeh yang ada cukup stabil, yaitu sekitar Rp 45000-50000 per kg, dan cukup membuat para petani cengkeh senang.
”Ada pun harga cengkeh yang cenderung naik ini membuat para petani yang memiliki cengkeh cukup banyak akan cenderung untuk menimbunnya, untuk di jual nanti kalau-kalau harga cengkeh kembali melambung seperti pada tahun 1998 lalu, hal ini mungkin di pengaruhi oleh produksi cengkeh tahun ini secara global mengalami penurunan, sehingga harga ada kemungkinan naik lagi.
”Di Desa Adinuso sendiri sebagian besar tanaman cengkeh yang ada tidak berbuah semuanya, hanya sebagian saja, dan hal ini menyerap tenaga kerja buruh yang sedikit, tapi walau pun begitu tanaman cengkeh yang ada masih di bilang bagus bila di bandingkan dengan daerah lain. dan untuk tahun 2009 ini tanaman cengkeh boleh di tanaman unggulan dari hasil pertanian, karena nilai jualnya yang ada masih tertinggi di bandingkan tanaman rempah lainnya, dan cukup puas bagi para petani cengkeh yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang membangun kami nantikan